Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Jadi Salah Satu Jurusan Tertua di SMK Wisudha Karya

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Pendidikan - Dewasa ini, listrik menjadi sebuah kebutuhan vital bagi manusia. Energi listrik memiliki andil besar dalam setiap detik kehidupan manusia. Oleh karenanya, listrik dan kehidupan manusia modern, tak ubahnya dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

Begitu besarnya peran listrik bagi kehidupan manusia, ditangkap baik oleh SMK Wisudha Karya. Sedari dulu, jurusan teknik lisatrik begitu dilirik oleh masyarakat lantaran prospek kerjanya bagus dan luas. Pada dasarnya, manusia mebutuhkan listrik, sehingga peluang kerja bagi jurusan satu ini terus tumbuh di industri dan masyarakat.

Teknik Instalasi Tenaga Listrik atau TITL merupakan salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang perancangan, pengelolaan, distribusi dan perawatan instalasi listrik.

SMK Wisudha Karya Kudus, Kamis (12-04-2018). (Istimewa/ISKNEWS.COM)

Dengan kompetensi yang menonjol berupa perencanaan, pengelolaan, distribusi energi listrik, perbaikan dan perawatan instalasi perumahan, gedung bertingkat, penerangan lampu jalan, bahkan sudah merambah ke instalasi motor listrik.

Tak hanya itu, seorang teknisi instalasi tenaga listrik juga dibekali dengan keahlian terkait dengan PLC dan berbagai sistem instalasi khusus. Untuk menunjang semua kelahlian tersebut, SMK Wisudha Karya telah menyiapkan berbagai fasilitas penunjang pembelajaran secara lengkap.

"Dari SMK Wisudha Karya telah memfasilitasi semua alat penunjang pembelajaran siswa dengan lengkap. Dari guru juga terus mendorong dan membimbing siswa untuk memanfaatkan fasilitas yang ada dengan semaksimal mungkin," kata Kepala Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik, SMK Wisudha Karya, Kamsun, Kamis (12-04-2018).

Keseriusan SMK Wisudha Karya dalam mendidik siswanya, terlihat dari berbagai prestasi yang ditorehkan untuk mengibarkan dan mengharumkan nama almamater tercinta. Diungkapkan oleh Kamsun, bahwa jurusan TITL ini memiliki andil besar dalam mengharumkan nama SMK Wisudha Karya dikancah nasional.

Ia menegaskan, bahwa jurusan ini pernah menjadi juara 1 tingkat Nasional, Untuk prestasi 2016 juara 2 lomba LKS tingkat Jawa Tengah dan juara KRENOVA tahun 2017.

Meskipun berbagai perestasi telah diraih, hal tersebut tidak menjadikan Kamsun dan jajaran pengajar SMK Wisudha Karya lantas berpuas diri. Dengan semangat dan konsisten mereka terus membina siswanya untuk menjadi tenaga yang profesional dibidang instalasi tenaga listrik. (NNC) 

No comments

Powered by Blogger.