Tiap Hari Kartini, Lina Warga Karangbener Buka Salon Dadakan Sejak SMA

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Inspirasi - Peringatan Hari Kartini setiap tanggal 21 April di setiap tahunnya, membawa berkah tersendiri bagi tukang rias di Kabupaten Kudus. Pasalnya mereka kebanjiran order merias dan sewa baju adat dari murid-murid PAUD dan Sekolah Dasar.

Lina Isnaeni (26) asal Desa Karang Bener RT2 RW4 dukuh Bendo Kerep Kecamatan Bae, Kudus telah menjalani usaha salon dadakan sejak masih dusuk di bangku SMA. Ia memulai make up sejak malam kartini hingga subuh.

"Saya bersama 5 rekan sudah mulai merias konsumen sejak pukul 23.00 WIB, konsumenku hampir 30 anak, rata-rata perempuan semua. Aa yang laki-laki, namun mereka hanya pinjam baju setelan saja," jelasnya.

Lina Isnaeni (26) asal Desa Karang Bener RT2 RW4 dukuh Bendo Kerep Kecamatan Bae Kudus saat merias anak-anak di rumahnya. (Aris Sofiyanto)

“Para orangtua rela mengeluarkan uang untuk menyewa kebaya dan riasan untuk anak mereka, kaitannya untuk mengikuti kegiatan sekolah di Hari Kartini,” kata alumni SMA 2 Bae Kudus itu saat dihubungi isknews.com, Sabtu (21-4-2018).

Ditambahkannya, jasa rias dadakan di tempatnya relatif terjangkau. Ia ingin agar para orang tua yang anaknya akan mengikuti kegiatan perayaan Hari Kartini tidak sampai keberatan. “Harganya cukup terjangkau untuk sewa dan rias hanya sekitar Rp 50 ribu – Rp 100 ribu tergantung bentuk dan ukuran baju,” imbuhnya.

Sementara itu, Nina (38), salah seorang orang tua murid di Sekolah Dasar setempat mengatakan, dirinya tidak sayang mengeluarkan uang untuk merias anaknya dalam mengikuti kegiatan kebaya dalam peringatan Hari Kartini. “Demi anak, saya tidak keberatan, harus menyewa ke tukang rias, yang penting anak senang,” katanya.

Bentuk pendidikan tidak harus belajar formal, belajar sejarah dan budaya dengan cara mengikuti kegiatan Hari Kartini memang bukanlah suatu kegiatan yang baru.

"Bentuk partisipasi warga yang ikut andil sudah termasuk mendidik anak anaknya dalam pelajaran sejarah khususnya sejarah perjuangan pahlawan Indonesia," pungkasnya. (AJ)

No comments

Powered by Blogger.