Tingkatkan Kualitas dan Potensi Diri, Pendidik PAUD Kudus Ikuti Diklat Berjenjang

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Pendidikan - Guru PAUD menjadi salah satu faktor penting dalam membentuk karakter anak sejak dini.

“Tanggung jawab guru PAUD tidak hanya sekedar mengajar tetapi perlu juga membentuk karakter anak sejak dini,” demikian pesan Moh Sholeh Kabid PAUD dan Dikmas pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus saat membuka acara diklat berjenjang untuk pendidik PAUD di Aula Dekopinda Komplek Perkantoran Jalan Mejobo, Senin (16-4-2018).

Dikatakan Sholeh, Diklat ini diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan potensi tenaga pendidik PAUD. Karena tidak semua guru PAUD yang mengajar di lembaga PAUD memiliki kemampuan yang standart kompetensi pendidik.

Kegiatan tersebut diadakan Senin-Rabu 16-18 April 2018 dan diikuti sekitar 100 peserta guru pendidik TK. Sedangkan diklat untuk pendidik Kelompok Bermain (KB) TPA dan SPS akan selenggarakan pada pekan depannya, 23-25 April 2018.

Ratusan peserta pendidik PAUD saat mendengarkan materi dari salah satu narasumber (Aris Sofiyanto/ISKNEWS,COM)

Adapun materinya meliputi deteksi tumbuh kembang anak, pengembangan perencanaan pembelajaran, Pemahaman anak berkebutuhan khusus (ABK) dan cara belajarnya.

Kemudian materi kebijakan Ditjen PAUD dan Dikmas, Kebijakan PPAUD dan Dikmas Provinsi Jateng, Strategi pembelajaran, pengembangan 6 aspek kemampuan anak usia dini. Selain itu, materi penyelenggaraan program pemberdayaan orang tua di lembaga PAUD serta etos kerja dan etika pendidik PAUD.

Dalam kesempatan ini Sholeh berpesan kepada guru-guru PAUD untuk terus belajar agar dapat mengajarkan yang terbaik untuk generasi-generasi emas ini. Anak-anak adalah amanah yang harus dididik dengan penuh kasih, karena usia dini ini usia emas yang akan menentukan masa depannya.

“Mendidik tidak sekedar berpegang pada teori, tapi seorang harus punya jiwa yang pendidik sehingga apa yang disampaikan mudah dicerna,” kata Sholeh.

Selain itu, lanjutnya, pendidik juga harus bisa menjadi contoh yang baik bagi anak didiknya. “Guru adalah panutan setiap peserta didik, berilah anak-anak contoh perilaku yang baik pasti mereka akan mengikuti kita,” ujarnya (AJ)

No comments

Powered by Blogger.