Tumbuhkan Kesadaran Bela Negara Sasar Generasi Penerus Bangsa

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Sosial - Sebanyak 150 siswa SMA NU Hasyim Asyari Kudus mengikuti kegiatan optimalisasi peran masyarakat atau pemuda dalam rangka deteksi dini dan antisipasi gangguan keamanan tekait penyebaran faham radikal di Aula SMA Hasyim Asyari yang berlokasi di Desa Mlati Kidul Kota Kudus (18-04-2018).

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Eko Hari Djatmiko mengatakan, pentingnya pemahaman nilai-nilai kebangsaan yang terdapat pada empat pilar kebangsaan menjadi hal penting untuk menangkal penyebaran faham apapun yang bersifat ingin mengganti NKRI dan Pancasila. "Kepedulian setiap diri atas perubahan di sekitarnya menjadi langkah awal untuk membatasi ruang gerak penyebaran faham radikalisme," ujarnya

Sejumlah siswa sedang serius saat mendengarkan materi dari narasumber. (istimewa)

Ditempat yang sama Ipda Subkhan, selaku Kanit Keamanan Negara Satuan Intelkam Polres Kudus pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa untuk dapat menangkal penyebaran faham radikalisme, yang pertama harus dilakukan adalah setiap diri mengetahui dan memahami definisi, ciri-ciri dan bagaimana cara masuknya.

Kemudian yang kedua, lanjut Subkhan, adalah mengetahui tema-tema yang bersifat aplikatif yang digunakan atau dijadikan pesan penyebaran dan perekrutan serta mengetahui bagaimana menangkalnya secara tepat dan tepat.

Ditambahkan, Saat ini penyebaran faham radikalisme yang paling efektif adalah melalui media sosial dan media online, karena media tersebut dinilai lebih efektif dan efesien. Berkaitan dengan itu diharapkan setiap kita semua dapat berlaku bijak dalam menggunakan media. Media bukan untuk menghujat tapi untuk mempererat, tidak untuk membenci tapi untuk mencintai.

Tak lupa kepada para peserta, pesannya, untuk ikut menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban, dengan tidak menyebarkan hoax dan isu SARA karena dampaknya bagi diri sendiri, bagi persatuan dan kesatuan bangsa sangat nyata sekali. (AJ)

No comments

Powered by Blogger.