Bukber Jadi Momen Gathering dan Silaturahmi

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Inspirasi - Buka puasa bersama atau yang lebih dikenal dengan istilah bukber, menjadi salah satu cara sederhana menciptakan dan melestarikan kedamaian. Tradisi ini, sudah sangat dikenal dan menjadi sebuah rutinitas bagi masyarakat di bulan puasa. 

Selain menjadi salah satu kesempatan untuk mengumpulkan rekan, kolega, sanak saudara, bukber bersama juga merupakan ajang silaturahmi dan berbagi kebahagiaan. Dahulu acara bukber biasanya juga dijadikan ajang reuni, kangen-kangenan dengan teman atau kerabat baik, komunitas teman seangkatan sekolah, teman seasrama atau semacamnya.

Kini momen bukber selain  penting untuk menjalin silaturahmi, juga sudah menjadi even terjadwal baik oleh organisasi, profesi dan teman sekerja atau korporasi bahkan komunitas politik. Dalam sebah korporasi, momen buka bersama biasa dimanfaatkan sebagai momen gathering mendekatkan dengan relasi usaha, konsumen, buyer, user serta publikasi dan promosi.

Dengan berbuka puasa bersama, kita juga dapat mendapatkan semangat untuk melanjutkan ibadah puasa kita keesokan harinya. Semangat buka bersama bersama orang-orang tercinta menjadi bekal untuk mengalahkan hawa nafsu dan semakin banyak berbagi berkat di bulan yang penuh berkah.

Kegiatan buka bersama, Minggu (20-05-2018). (Istimewa/ISKNEWS.COM)

Hadirlah sebelum acara dimulai dan jika tidak ada keperluan lain yang sangat penting, nikmatilah momen tersebut untuk bertukar kabar dan sedikit bernostalgia hingga acara selesai. Setelah adzan magrib berkumandang, segeralah berbuka dengan minuman dan makanan ringan, kemudian tunaikan shalat magrib terlebih dahulu sebelum dilanjut dengan acara ngobrol-ngobrol.

Saat bukber juga bisa berdiskusi mengenai hal-hal yang bisa kita lakukan dan bermanfaat bagi orang banyak. Sehingga melalui bukber, tidak menutup kemungkinan akan lahirnya ide-ide baru yang brilian. Setelah menyantap menu berbuka, shalat magrib berjamaah, dan diskusi yang menyenangkan, terakhir tentu saja waktunya foto bersama alias selfie. Untuk yang satu ini, usahakan jangan terlalu sering mengambil foto.

Tetaplah membaur dan menikmati momen nyata yang ada di depan mata. Karena inti dari momen buka bersama di jaman sekarang tentu saja bisa menjalin komunikasi nyata dengan teman dan kerabat. Jika kita cermati tradisi ini juga memiliki manfaat bukan hanya bagi peserta buka puasa bersama namun juga bermanfaat bagi orang lain.

Adanya ajang kumpul-kumpul mestinya dimanfaatkan pula untuk membuka jalan dalam berlomba-lomba dalam kebaikan dengan kegiatan ibadah secara kolektif, seperti mengumpulkan zakat dan menyalurkannya ke wadah yang membutuhkan misalnya. (NNC/YM).

No comments

Powered by Blogger.