Komoditas Pangan di Kudus Melonjak

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Ekonomi - Harga sejumlah komoditas pangan di Kudus mengalani kenaikan menjelang bulan puasa. Beberapa di antaranya yang paling menonjol adalah melonjaknya harga dahing ayam potong yang kini mencapai Rp 35 ribu per kilogram.

Pantauan di Pasar Bitingan dari penuturan para pedagang memang terjadi kenaikan yang cukup signifikan. Salah seorang pedagang Eni Handayani mengatakan, dia menjual ayam Rp 34 ribu per kilogram. Padahal pekan kemarin masih dijual Rp 32 ribu per kilogram.

Dia memprediksi tren kenaikan masih akan berlanjut hingga lebaran. Hal itu mengacu pada tahun-tahun sebelumnya yang memang seperti itu. "Biadanya naik drastis hingga lebaran karena banyaknya permintaan," tuturnya.

Penjual daging ayam di Pasar Bitingan yang mulai kebanjiran pedanan menjelang puasa. (Mukhlisin/ISKNEWS.COM)

Meski bulan puasa namun permintaan daging justru meningkat. Hak itu dikarenakan banyaknya masyarakat yang memanfaatkan daging untuk sahur atau buka puasa. Ada juga berbagai acara yang dilaksanakan seperti buka puasa bersama, sehingga menyebabkan tingginya permintaan.

Namun, lanjutnya, dirinya mengurangi stok penjualan daging ayam. Karena pembeli biasanya hanya membeli dalam jumlah kecil ketika puasa. "Paling hanya beberapa ons saja," imbuhnya.

Ditambahkan, biasanya pelanggannya adalah buruh rokok. "Kalau saat puasa jam jualan saya sama saja. Mulai pukul 08.30 sampai 16.30" imbuhnya.


Pedagang lainya, Marni menyampaikan hal demikian, saat ramadan mendatang harga daging ayam diperkirakan tembus Rp 35 ribu per kilogramnya. Namun, daging ayam yang dijual juga cenderung stabil dan tidak ada penurunan signifikan.

"Puasa tetap ramai yang beli. Setiap hari bisa menjual puluhan ekor ayam," pungkasnya. (MK) 

No comments

Powered by Blogger.