Musthofa: Kepada Tenaga Pendidik, Jadikan Siswa Siswi Kita Yang Berkarakter

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Pendidikan - Pemerintah Kabupaten Kudus memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), dengan menggelar upacara yang diikuti ratusan utusan dari sekolah baik negeri maupun swasta, di lapangan Alun-alun simpang tujuh Kudus, Rabu (02-05-2018) pagi.
Tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional 2018 ini ditetapkan oleh pemerintah untuk memperingati kelahiran Ki Hajar Dewantara yang merupakan tokoh pendidikan di Indonesia.

Pada saat itu ketika masa penjajahan pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia, terdapat kenyataan bahwa hanya mereka keturunan Belanda dan orang-orang kaya saja yang bisa memperoleh pendidikan, sedangkan rakyat pribumi sengaja dibiarkan buta huruf dan tidak bisa mengenal pendidikan.

Bupati Kudus Musthofa bertindak sebagai inspektur upacara (Irup). Upacara diikuti oleh unsur Pegawai Negeri Sipil (PNS), beberapa pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), guru, mahasiswa, pelajar dan unsur lainnya.

Bupati Kudus didampingi OPD saat foto bersama dengan siswa siswi berprestasi usai upacara Hardiknas. (Aris Sofiyanto)

Sebagai inspektur upacara, Bupati Kudus Musthofa mengungkapkan, momentum peringatan hari pendidikan nasional ini tidak hanya diperingati dengan formalitas, akan tetapi untuk muhasabah atau memperbaiki dengan menambah penguatan pendidikan karakter. 

Penguatan pendidikan karakter diantaranya olah pikir, olah rasa dan lainnya penting sekali demi terciptanya revolusi mental. "Bangsa yang berkualitas tercermin dari pendidikannya," tegasnya

Mau tidak mau suka tidak suka, pendidikan harus terus ada, untuk menuju sebagai bangsa adidaya yang kuat.

“Peringatan Hardiknas merupakan momentum dan sekaligus refleksi dari berbagai upaya yang telah dan sedang kita lakukan, dalam melaksanakan berbagai program untuk terus memajukan mutu pendidikan tinggi, khususnya di Kabupaten Kudus sebagai salah satu diantara paku bumi nya pendidikan di Indonesia” ujarnya. (AJ)

No comments

Powered by Blogger.