Perjalanan Sejarah Kabupaten Kudus Akan Ulas di Visualisasi Dhandhangan 2018

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Event - Visualisasi Dhandhangan tahun ini akan digelar pada Rabu (16-5-2018) Sore, di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus. Ratusan seniman akan dilibatkan dalam even tahunan tersebut.

Konsep yang diusung pun berbeda, dimana jika tahun-tahun sebelumnya digelar dengan adanya kirab, Visualisasi Dhandhangan tahun ini yang mengangkat kisah perjalanan sejarah Kabupaten Kudus, full acara akan dilaksanakan di satu titik panggung.

Dari penampilan musik modern kontemporer, pemukulan Bedug oleh Bupati Kudus bersama Forkopinda, pementasan band modern etnic kontempoter dan berbagai performance.

"Nantinya dalam visualisasi tersebut, di depan panggung atau stage depan air mancur, akan diisi dengan 3 fragmen penampilan berbeda," kata Kabid Pariwisata Sri Wahyuningsih pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus.

Penampilan pertama adanya pemutaran film pendek "Kudus Saat Ini" di Videotron, dimana kisahnya menggambarkan Kabupaten Kudus zaman sekarang. ”Konsepnya tentang perjalanan sejarah Kabupaten Kudus dari dulu hingga sekarang, namun nanti kita balik dalam fragmennya. Dari zaman sekarang ke zaman Sunan Kudus dalam menyebarkan agama Islam,” terang Ning.

Dokumentasi 2017

Dalam penampilan kedua, lanjutnya, akan diisi pementasan drama musikalitas dengan tema "Era Kebangkitan Industri di Kabupaten Kudus". Mereka menampilkan tari kretek, tari batik, bordir Kudus, hingga jenang Kudus. Ada juga narasi berupa puisi yang akan dibawakan oleh Binta dan Shata dengan iringan musik modern dan etnic kontemporer.

Pada fragmen ketiga atau terakhir masyarakat Kudus akan disuguhi dengan drama musikal "Sejarah perjalanan religi menuju bulan suci".

Dimana menggambarkan sejarah perjalanan Dhandhangan di era Sunan Kudus akan dikupas disana. Dibalik layar, ada Sutradara Leo Kartasis dan pengarahnya oleh Bayu Warih dengan iringan musik dari Swatantu Band.

Ning berpesan kepada masyarakat Kudus, untuk memeriahkan gelaran acara spektakuler kali ini. "Acara dimulai dari pukul 15.00 hingga 17.00 WIB," ujarnya  (AJ)

No comments

Powered by Blogger.