Puluhan Warga Mlati Kidul, Ikuti Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Kesehatan - Pagi ini, puluhan warga Desa Mlati Kidul berbondong-bondong mendatangi Aula Balai Desa Mlati Kidul. Kedatangan puluhan warga ini, tak lain untuk melakukan pemeriksaan secara gratis yang diselenggarakan oleh Puskesmas Wergu Wetan.

Melalui kegiatan Pos Binaan Terpadu (Posbindu), puluhan warga dijaring untuk melakukan screening Penyakit Tidak Menular (PTM). Untuk kegiatan pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan tinggi dan berat badan, tensi darah, lemak tubuh, kadar gula darah, kolestrol dan asam urat.

"Kegiatan posbindu ini merupakan pertama kali dilakukan di Desa Mlati Kidul. Untuk peserta kegiatan ini sebanyak 75 warga yang terdiri dari lansia dan masyarakat usia produktif. Dari pemeriksaan yang dilakukan tadi banyak peserta yang diketahui memiliki kadar gula darah dan kolestrol yang tinggi," ujar Pemegang Progam Posbindu, Puskesmas Wergu Wetan, Ruqoiyah.

Pemeriksaan PTM di Aula Balai Desa Mlati Kidul, Senin (14-05-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Diungkapkannya, posbindu ini sebenarnya menjadi sarana untuk monitoring dan deteksi dini penyakit tidak menular seperti, jantung koroner, diabetes dan obesitas yang ada di masyarakat.

"Jika selama ini sebagaian maayarakat memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan saat terinfeksi penyakit menular seperti flu, batuk, gatal-gatal dan diare. Pada hari kini, melalui kegiatan posbindu, masyarakat diajak untuk pemeriksaan penyakit tidak menular dan lebih memperhatikan kesehatan melalui pola hidup sehat," katanya.

Ruqoiyah menegaskan kegiatan posbindu ini hanya berupa pemeriksaan kesehatan saja. Bagi peserta yang terdeteksi mengidap penyakit tidak menular, segera dirujuk ke Puskesmas Wergu Wetan untuk mendapatkan pengobatan.

Dalam kegiatan ini peserta hanya diberikan vitamin untuk meningkatkan dan menjaga kesehatannya. Untuk peserta yang terdeteksi mengidap kolestrol tinggi atau hipertensi, berikan surat rujukan ke puskesmas untuk pemeriksaan lebih lanjut dan pemberian obat.

"Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk meramaikan kegiatan posbindu. Dengan begitu, penyakit-penyakit yang di masyarakat dapat termonitor dan segera ditangani," pungkasnya. (NNC) 

No comments

Powered by Blogger.