Selama Ramadhan dan Lebaran Tidak Ada OP Elpiji 3 Kg, Ini Penyebabnya

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Sosial - Selama Ramadhan hingga Idul Fitri mendatang, stok Elpiji 3 Kg di Kabupaten Kudus dipastikan aman. Hal itu dikarenakan, bahan bakar gas elpiji 3 Kg berada dalam jumlah yang mencukupi.

Untuk alokasi elpiji 3 Kg telah diberikan Pertamina khusus untuk bulan Mei dan Juni. Meskipun penambahannya hanya 3-7 persen, sama persis dengan tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti melalui Kabid Fasilitasi Perdagangan Promosi dan Perlindungan Konsumen Imam Prayitno membenarkan hal itu. Pasalnya, kebutuhan pasar elpiji 3 Kg dipastikan terpenuhi selama puasa, meski penambahannya tidak terlalu banyak.

Elpiji 3 Kg sesaat setelah diturunkan dari kendaraan pengangkut. (Aris Sofiyanto)

”Persediaan elpiji 3 Kg pada tahun 2018 dialokasikan sebanyak 7.671.333 tabung dan sampai dengan April telah menghabiskan 2.476.240 tabung, jadi rata-rata per bulan sekitar 619.060 tabung," terangnya.

Dikatakan Imam, penambahannya jika sekitar 3-7 persen, maka stok untuk Mei dan Juni sekitar 18 ribu tabung.

"Saat ini, Elpiji 3 Kg untuk kalangan rumah tangga kebutuhannya lebih dari cukup. Justru, meningkatnya permintaan datang dari warung penjual nasi maupun lauk dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) lainnya.

"Seperti tahun sebelumnya, Pengaturan alokasi gas telah diatur Pertamina di bulan-bulan sebelumnya, juga menambah alokasi gas untuk Ramadhan dan Iful Fitri. Jadi, operasi pasar (OP), tahun ini tidak ada," pungkasnya (AJ)

No comments

Powered by Blogger.