KPU Pastikan Distribusi Logistik Pilkada Besok Aman

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Pilkada - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus pastikan distribusi logistik Pilgub Jateng maupun Pilbup Kudus bakal berjalan tanpa kendala. Senin (25/6/2018) logistik tersebut sejak kemarin telah bergerak dari KPU menuju Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan hari ini logistic tersebut telah bergerak menuju PPS yang ada di Kudus.

“Kalau melihat dari segi geografis Kudus, semoga tidak ada kendala. Semua akan berjalan sesuai dengan rencana. Ini logistik sudah bergerak sampai ke PPK,” kata Ketua KPU Kudus Moh Khanafi. 

Dia mengatakan, sehari sebelum penyelenggaraan Pilkada serentak lohistik bakal didistribusikan sampai ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di desa. “Maksimal subuh saat hari penyelenggaraan Pilkada serentak logistik harus sudah sampai ke PPS,” katanya.

Sejumlah logistik yang didistribusikan yakni berupa bilik suara, kotak suara, serta surat suara. Sejumlah form, serta kelengkapan logistik lainnya juga ikut didistribusikan secara bersamaan. “Jangkauannya nanti harus sampai ke 1491 TPS se-Kabupaten Kudus,” tuturnya.

Distribusi logistik pilkada serentak menggunakan 10 truk. Pengamanannya melibatkan pihak kepolisian dengan senjata laras panjang. Kemarin, distribusi ditargetkan sampai ke panitia pemilihan kecamatan (PPK).
Dia berujar aparat kepolisian akan mengamankan jalannya distribusi logistik sampai kembali ke kantor KPU. Bahkan saat nanti rekapitulasi di masing-masing PPK pun pengamanan masih tetap berjalan.
“Kami optimis semuanya akan berjalan lancar. Surat suara sebanyak 611.879 lembar bakal terdistribusi ke masing-masing TPS,” katanya.

Ketua KPU Kudus, Moh Khanafi bersama Panwaslu, TNI dan Polri saat memberikan arahan distribusi logistik ke Kecamatan dan PPS. (Foto: Yuliadi Muhammad)

Ratusan aparat kepolisian terlihat menggunakan peralatan lengkap, termasuk senjata laras panjang dalam proses pengamanan. Mereka menjaga proses distribusi, baik di gudang penyimpanan logistik sampai proses distribusi.
Selain itu, kendaraan kepolisian berada di depan truk pengangkut logistik pilkada. Mobil polisi berisi anggota kepolisian dengan persenjataan lengkap. ”Untuk distribusi, kami memang berkoordinasi dengan pihak kepolisian,” kata Ketua KPU Kudus Moh. Khanafi kemarin.

Untuk standar pengamanan, tentunya yang menentukan dari pihak kepolisian, karena yang mengetahui prosedurnya. Namun yang jelas pengamanan untuk logistik merupakan salah satu pengamanan yang diprioritaskan dalam pilkada.

Sementara untuk armada yang disiapkan untuk distribusi sampai PPK ada 10 truk besar. Sebab, di Kudus digelar dua pilkada, Pilgub Jateng dan Pilbup Kudus. Sehingga logistik juga dua kali lipat dibanding daerah lain yang tidak menggelar pilbup.

Kemarin, logistik ditarget selesai sampai PPK. Selanjutnya hari ini ditarget sudah sampai di semua tingkat panitia pemungutan suara (PPS). Selanjutnya, sebelum pukul 07.00 Rabu (27/6) logistik wajib sampai di tempat pemungutan suara (TPS).

Dia berharap, proses distribusi berjalan lancar, karena semuanya sudah direncanakan dengan matang. Termasuk untuk pemilih yang dirawat di rumah sakit dan pemilih di rumah tahanan (rutan). ”Tidak ada TPS khusus (di rumah sakit dan rutan), tapi petugas TPS terdekat akan mendatangi, lokasi tersebut,” terangnya. (AJ/RM)

No comments

Powered by Blogger.