Minggu Besok Panwaslu Kirab Unjuk Kekuatan Di Wilayah Kudus

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Pilkada - Sebagai bentuk Kesiapan dan keseriusan yang tinggi terhadap tugas-tugas pada pelaksanaan Pemungutan suara pada Pilkada 2018 serta hal-hal yang terkait dengan pesta demokrasi tersebut.

Besok pagi sejak pukul 08.00 WIB  Seluruh jajaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan hingga perwakilan dari unsur Pengawas TPS akan lakukan Kirab di jalan-jalan wilayah Kabupaten Kudus.

Menurut Komisioner Panwaslu Rifan yang ditemui di kantornya, Kirab dilakukan pada hari pertama masa tenang pilkada dan akan diikuti oleh jajaran para pengawas pemilu dengan menggunakan kendaraan roda empat.
“Kegiatan Ini merupakan instruksi Bawaslu RI, karena  dengan memperlihatkan kekuatan kami atau show of force diharapkan akan menciutkan nyali mereka-mereka yang akan melakukan kecurangan dalam proses pemungutan suara,” katanya, Jumat (22-06-2018).

Setelah itu kami para petugas pengawas akan melakukan patroli rutin ke kantong-kantong rawan untuk mengawasi kegiatan terutama menjelang hari H.
“Besok start akan kami lakukan pada sekitar pukul 08.00 WIB dari kantor sekretariat Panwaslu Kabupaten Kudus sini  dan tidak hanya melibatkan unsur pengawas saja, tetapi kami juga akan mengajak unsur-unsur dari Kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja Kudus,”  jelasnya.


Lebih jelas Rifan mengatakan kirab ini sebagai penanda atau menabuh gendang kepengawasan dan sesudahnya akan dilaksanakannya Patroli kepengawasan dan kesiapan tim dalam melakukan  segi-segi kepengawasan. “Pengawasan kali ini lebih tajam, dan ini pertama kalinya dalam sejarah pengawasan kita membetuk kepengawasan hingga sampai ke TPS-TPS,” ujarnya.

Sebelumnya para pengawas akan dibekali kemampuan membuat laporan baik secara konvensional  maupun melalui daring, memetakan TPS-TPS rawan.

Sementara itu pagi tadi di Hotel Proliman juga digelar kegiatan bimbingan teknis penyelesaian sengketa perselisihan hasil pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng dan Bupati dan Wakil Bupati Kudus.

Menurut Kepala sekretariat Panwaslu Kudus, Dwi Kumaryanto, Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dan instruksi dari Bawaslu Jateng tentang pedoman bagi Panwascam untuk menyelesaikan sengketa perselisihan hasil pemilihan pada Pilkada Gubernur Jateng dan Bupati Kudus 2018.

“Kegiatan mengajarkan teknis penyelesaian sengketa perselisihan hasil pemilihan, agar para Pengawas dapat memahami dan menyimak sebaik-baiknya apabila di gugat oleh Paslon dan mereka nantinya bisa menyelesaikn dengan baik dan propesional sesuai aturan dan hukum yang berlaku,” ujar Dwi Kumaryanto. (AJ/RM)

No comments

Powered by Blogger.