Sudjatmiko Lepas Kontingen Jamda Penggalang SD/MI ke 4 Tingkat Jateng 2018

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Pendidikan - Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Kudus, Sudjatmiko, Sabtu, (23-06-2018) resmi melepas anggota pramuka tingkat Penggalang SD/MI ke 4 ke Jambore Daerah (Jamda) Jawa Tengah (Jateng) tahun 2018.

Kegiatan Jamda Jateng tahun 2018 ini akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan (Buper) Munjulluhur, Kabupaten Purbalingga dan berlangsung pada Minggu - Jum'at atau 1 hingga 6 Juli 2018 mendatang.

Hal itu dikatakan Ketua Kontingen, Akhmad Rifai, yang juga sebagai ketua Pembinaan anggota dewasa (Binawasa) Kwarcab Kudus, saat ditemui isknews.com di sela-sela acara, Sabtu (23-06-2018).

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kab. Kudus pada Jambore Daerah Penggalang SD/MI ke 4 Tahun 2018, memberangkatkan peserta berjumlah 52 yang terdiri dari 20 orang Pramuka Penggalang Putra ( 2 regu ) sebagai Peserta, 20 orang Pramuka Penggalang Putri (2 regu ) sebagai Peserta, 4 orang Pembina Pendamping ( 2 Pa + 2 Pi ), 2 orang Pimpinan Kontingen ( 1 Pa + 1 Pi) dan 6 orang Pendukung Kontingen ( 3 Pa + 3 PI ).

Upacara pelepasan Kontingen Jamda Tingkat Jawa Tengah 2018 di Sanggar Pramuka Kwartir Cabang Kudus. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Pembentukan Kontingen/Seleksi peserta dilaksanakan Bulan April 2018, sedangkan pelatihan Calon Kontingen Jamda 2018 dilaksanakan mulai bulan April, Mei, Juni 2018, (menyesuaikan waktu dengan Kalender Pendidikan tentang UKK serta Bulan Ramadlon dan Harl raya), bertempat di Sanggar Bhakti Pramuka Kwarcab Kudus dan sekitarnya dengan materi yang telah direncanakan.

Sementara itu, Ketua gerakan pramuka Kwarcab Kudus, Sudjatmiko menyampaikan jika pelepasan yang diselenggarakan pada hari ini memberikan makna tersendiri. ”Kita harus sepakat, secara khusus jajaran pramuka Kwarcab Kudus akan bertekad terus melanjutkan cita-cita para pahlawan untuk membangun Negara yang kita cintai ini khususnya kabupaten Kudus ini,” ungkapnya saat memberikan sambutan.

Ia sangat berharap kegiatan ini bisa lebih memberikan nilai positif lagi bagi jajaran gerakan pramuka Kudus khususnya pribadi kontingen gerakan pramuka.

”Saya berharap kegiatan nanti agar bisa diikuti dengan penuh tanggung jawab, ikutilah ini dengan baik, timbalah ilmu dan pengalaman pada kesempatan jambore pada tahun ini sehingga adik-adik nanti bisa mentransformasikan ilmunya kepada adik-adik yang lain anggota gerakan pramuka kabupaten Kudus yang pada kesempatan ini belum terpilih untuk mengikuti Jambore Daerah tingkat Provinsi kali ini," Harap Sudjatmiko.

Upacara pelepasan Kontingen Jamda Tingkat Jawa Tengah 2018 di Sanggar Pramuka Kwartir Cabang Kudus. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Menurutnya, adik-adik yang terpilih saat ini adalah yang terbaik sehingga Gerakan Pramuka Kwarcab Kudus menetapkan jika adik-adik inilah yang berhak untuk mengikuti Jamda gerakan pramuka Provinsi Jateng tahun 2018.

Kepada seluruh anggota kontingen Jamda asal Kudus, Sudjatmiko berpesan untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan nanti dengan baik dan menjaga kesehatan serta patuhi semua aturan dan tata tertib. ”untuk kakak-kakak Pembina, penanggung jawab saya berharap dengan ridho Allah, adik-adik berangkat dan kembali dalam keadaan sehat sehingga saat kembali ketempat masing-masing bisa melaksanakan aktifitas seperti biasa seperti belajar di sekolah masing-masing dan terus melakukan penimbaan ilmu secara khusus hal-hal yang berkaitan dengan kepramukaan,” pesannya.

Sudjatmiko juga menitipkan adik-adik anggota pramuka tingkat penggalang kepada ketua kontingen dan pendamping karena kepercayaan orang tua saat ini diserahkan kepada mereka sehingga diharapkan mampu menjaga amanah yang diberikan. (AJ/RM)

No comments

Powered by Blogger.